Sistem Budaya Indonesia

Posted by PoeR_Purwanti Label:

Pengertian Kebudayaan
Menurut Koentjaraningrat  adalah seluruh sistem gagasan dan rasa, tindakan, serta yang dihasilkan manusia dalam kehidupan masyarakat, yang dijadikan miliknya dengan cara belajar.
Menurut Goodenough ( dalam Kesiing, 1989:68 ) diartikan dalam dua arah pengertian yang berbeda, yaitu pola untuk  perilaku dan pola dari perilaku. Sehingga kebudayaan mencakup dua pengertian yang berbeda yang pertama, pola kehidupan suatu masyarakat yang mencakup kegiatan dan pengaturan material dan sosial yang berulang secara teratur yang merupakan kekhususan suatu kelompok manusia tertentu; yang kedua kebudayaan merupakan sistem pengetahuan dan kepercayaan yang disusun sebagai pedoman manusia dalam mengatur pengalaman dan persepsi mereka, menentukan tindakan, dan memilih diantara alternatif yang ada.
Menurut Roger M. Kessing bahwa kebudayaan mencakup sistem gagasan yang dimiliki bersama, sistem konsep, aturan serta makna yang mendasari dan diungkapkan dalam aturan tatacara kehidupan manusia
. Kebudayaan sebagai Pedoman Hidup
Kebudayaan mengandung nilai-nilai budaya, nilai-nilai budaya merupakan sumber aturan dan merupakan pedoman hidup bagi suatu masyrakat dalam melakukan aktivitasnya sehingga kehidupan menjadi teratur.
       Contohnya saja ketika seorang Jawa bertemu dengan orang yang lebih tua, ia menunjukkan sikap hormat dengan menggunakan bahasa kromo inggil ( bahasa Jawa halus ), maka hal ini juga dilakukan oleh orang Jawa lainnya.
Setiap masyarakat termasuk masyarakat masyarakat suku bangsa mengembangkan kebudayaan sendiri sehingga membuat kebudayaannya memiliki ciri khas.
       Nilai-nilai budayamemuat pengertian yang menjadi hak-hak dan kewajiban-kewajiban serta tata susila yang digunakan untuk mengukur tentang pemikiran-pemikiran, sikap-sikap, dan tindakan-tindakan dianggap baik-buruk. Kebudayaan juga mengandung cara mengekspresikan perasaan yang mengakibatkan terwujudnya bentuk-bentuk seni tertentu, seperti seni tari, seni suara, seni pahat, dsb.
Pengaturan oleh kebudayaan mengakibatkan adanya status sosial dalam kehidupan masyarakat yang memiliki keterkaitan dengan hak-hak, kewajiban-kewajiban, hubungan-hubungan sosial, dan organisasi-organisasi sosial.
Kebudayaan dikatakan oleh Budhisanthoso berperan sebagai perwujudan aptasi aktif di kepulauan dan sekaligus merupakan pengenal  kebudayaan suku  yang bangsa satu dari yang lainnya.
Keanekaragaman menurutnya disebakan oleh perbedaan yang timbulkarena pengalaman sejarah, perbedaan itensitas kontak dengan kebudayaan asing. Karena kebudayaan asing menyebabkan kebudayaan tersebut berkembang pesat disebabkan adanya itensitas kontak dan sebaliknya.

Kebudayaan dan Kepribadian Masyarakat Indonesia
Di Indonesia ada 4 pola hidup masyarakat:
  1. Pola Hidup Masyarakat Meramu
  2. Pola Masyarakat Petani Ladang
  3. Pola Hidup Masyarakat Petani Sawah
  4. Pola Hidup Masyarakat Pesisir
 Keanekaragaman Kebudayaan Indonesia
Konsep majemuk dipopulerkan oleh Furnivall dan sebelumnya oleh M.G Smith, di Indonesia terdiri dari berbagai ras, suku, agama, dan bahasa daerah.  Ahli Antropologi Clifford Gertz menyederhanakan keanekaragaman kebudayaan yang berkembang di Indonesia jadi 2 tipe berdasarkan ekosistemnya yaitu
  1. Kebudayaan yang berkembang di Indonesia dalam
  2. Kebudayaan yang berkembang di Indonesia luar



2 komentar:

  1. Galih Lumaksono

    penjelasan yang diberikan sudah cukup menarik dan menggugah pembaca untuk berminat membaca. namun sedikit memberi saran yaitu yang pertama sebaiknya judul disesuaikan dengan isi artikel karena apabila dicermati ini justru dominan menjelaskan mengenai kebudayaan secara unuversal bukan mengerucut ke indonesia sendiri. yang kedua sebaiknya diberikan judul yang menarik dan mengundang kontroversi agar pembaca merasa tertarik dan membuka artikel tersebut. trima kasih

  1. Anonim

    artikelnya menaarik.. bisa menambah pengetahuan tentang bagaimana sistem kebudayaan yang ada di indonesia..
    materinya juga mencakup dari keadaan relaita sekarang ini ....

    n_n

Posting Komentar