Satuan Pendidikan : SMA N 2 TEMANGGUNG
Kelas : X
Semester : 1 (SATU)
Program : UMUM
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Jumlah Pertemuan : 1
A. Standar Kompetensi
· Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
B. Kompetensi Dasar
· Menjelaskan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian.
· Menjelaskan pengertian pengendalian sosial
· Mendiskripsikan fungsi dari pengendalian sosial
· Menganalisis jenis-jenis lembaga pengendalian sosial di dalam masyarakat
· Mendiskrisikan sifat dari pengendalian sosial
· Menjelaskan cara-cara pengendalian sosial
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui kegiatan pembelajaran siswa dapat:
· Menjelaskan pengertian pengendalian sosial
· Mendiskripsikan sifat dari pengendalian sosial di dalam masyarakat
· Mendiskripsikan fungsi-fungsi pengendalian sosial
· Menganalisis jenis-jenis lembaga pengendalian sosial yang ada di dalam masyarakat
· Menjelaskan cara-cara pengendalian sosial
E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian pengendalian sosial
Pengendalian sosial adalah pengawasan dari suatu kelompok terhadap kelompok lain yang dimaksudkan untuk mengarahkan peran-peran individu atau kelompok sebagai bagian dari masyarakat agar tercipta situasi kemasyarakatan sesuai dengan yang diharapkan.
Pengertian pengendalain sosial menurut para ahli:
· Joseph S. Roucek
· Peter L. Berger
· Bruce J. Cohen
2. Sifat pengendalian sosial
· Preventif adalah semua bentuk pencegahan terhadap terjadinya gangguan-gangguan pada keserasian antara kepastian dengan keadilan.
· Representif adalah pengendalian sosial yang bertujuan untuk mengembalikan keserasian yang pernah terganggu karena terjadinya suatu pelanggaran.
Proses pengendalian sosial:
· Persuasif
· Koersif
3. Fungsi pengendalian sosial
· Mempertebal keyakinan masyarakat terhadap norma sosial
· Memberikan imbalan kepada warga yang menaati norma
· Mengembangkan rasa malu
· Mengembangkan rasa takut
· Menciptakan sistem hukum
4. Jenis Lembaga Pengendalian Sosial
· Kepolisian
· Pengadilan
· Lembaga adat
· Tokoh Masyarakat
5. Cara- cara pengendalian sosial
· Pengendalian sosial secara formal
· Pengendalian sosial secara informal
F. Alokasi Waktu
Pertemuan 1 : 2 × 45 menit
G. Model Pembelajaran
· Examples non example
Tatap muka | Penugasan terstruktur | Kegiatan mandiri tidak terstruktur |
· Guru melakukan ceramah interaktif dan questioning tentang pengertian pengendalian sosial · Guru memberi satu contoh pengendalian sosial | Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan / internet tentang pengertian pengendalian sosial dan sifat pengendalian sosial dalam kehidupan masyarakat. Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan / internet tentang fungsi, jenis, dan cara-cara pengendalian sosial dalam kehidupan masyarakat. | Membuat klasifikasi kasus-kasus pengendalian sosial yang terjadi dalam masyarakat. Memberikan pengaruh/ dampak ketika di dalam masyarakat sudah tidak berlakunya lembaga-lembaga pengendalian sosial. Memberikan fungsi lembaga pengendalian sosial dalam masyarakat. Membuat cara-cara dalam pengendalian sosial |
H. Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan Ke 1
1 | Kegiatan Pendahuluan | Alokasi Waktu |
- Apersepsi : Guru memulai pelajaran dengan menanyakan materi sebelumnya yang telah dipelajari - Motivasi : Guru menyampaikan pentingnya mempelajari pengertian, sifat,fungsi, jenis, cara-cara pengendalian sosial - Rambu-rambu belajar: siswa secara aktif mengkaji materi, guru mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan sesuai indicator yang ada. - Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus | 15’ | |
2 | Kegiatan Inti | |
A. Eksplorasi - siswa dengan rasa tanggungjawab mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian, sifat, dan fungsi, jenis, dan cara-cara pengendalian sosial. B. Elaborasi - Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, lalu dengan bekerjasama mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan dua gambar yang disediakan guru. - Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan. C. Konfrimasi - Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaitan dengan materi. - Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pengalaman belajar atau kesulitan / kendala dalam pembuatan / penyusunan tugas. | 70’ | |
3 | Kegiatan Penutup | |
- Post test : Guru menyiapkan 3 pertanyaan sebagai umpan balik kepada siswa | 5’ |
I. Metode Pembelajaran
· Ceramah
· Diskusi
J. Media Pembelajaran
- Gambar contoh pengendalian sosial
K. Sumber Bahan
· Sosiologi 1, KBK, Tim Sosiologi, Yudhistira
- Sosiologi SMA Kelas X,KTS, Idianto Muin, Erlangga
Mengetahui Temanggung,
Kepala SMA Negeri 2 Temanggung Guru Mata Pelajaran
Drs. Suryanto, M.Pd ………………………
NIP 132045819 NIP. ……………………
0 komentar:
Posting Komentar