Satuan Pendidikan       : SMA N 2 TEMANGGUNG
Kelas                            : X
Semester                      : 1 (SATU)
Program                       : UMUM
Mata Pelajaran            : SOSIOLOGI
Jumlah Pertemuan       : 1
A.    Standar Kompetensi
·         Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
B.     Kompetensi Dasar
·         Menjelaskan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian.
·          Menjelaskan pengertian pengendalian sosial
·         Mendiskripsikan fungsi dari pengendalian sosial
·         Menganalisis jenis-jenis lembaga pengendalian sosial di dalam masyarakat
·         Mendiskrisikan sifat dari pengendalian sosial 
·         Menjelaskan cara-cara pengendalian sosial 
D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui kegiatan pembelajaran siswa dapat:
·         Menjelaskan pengertian pengendalian sosial 
·         Mendiskripsikan sifat dari pengendalian sosial di dalam masyarakat
·         Mendiskripsikan fungsi-fungsi pengendalian sosial
·         Menganalisis jenis-jenis lembaga pengendalian sosial yang ada di dalam masyarakat
·         Menjelaskan cara-cara pengendalian sosial
E.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian pengendalian sosial 
Pengendalian sosial adalah pengawasan dari suatu kelompok terhadap kelompok lain yang dimaksudkan untuk mengarahkan peran-peran individu atau kelompok sebagai bagian dari masyarakat agar tercipta situasi kemasyarakatan sesuai dengan yang diharapkan.
Pengertian pengendalain sosial menurut para ahli:
·         Joseph S. Roucek
·         Peter L. Berger
·         Bruce J. Cohen
2.      Sifat pengendalian sosial
·         Preventif adalah semua bentuk pencegahan terhadap terjadinya gangguan-gangguan pada keserasian antara kepastian dengan keadilan.
·         Representif adalah pengendalian sosial yang bertujuan untuk mengembalikan keserasian yang pernah terganggu karena terjadinya suatu pelanggaran.
Proses pengendalian sosial:
·         Persuasif
·         Koersif
3.      Fungsi pengendalian sosial
·         Mempertebal keyakinan masyarakat terhadap norma sosial
·         Memberikan imbalan kepada warga yang menaati norma
·         Mengembangkan rasa malu
·         Mengembangkan rasa takut
·         Menciptakan sistem hukum
4.      Jenis Lembaga Pengendalian Sosial
·         Kepolisian
·         Pengadilan
·         Lembaga adat
·         Tokoh Masyarakat
5.      Cara- cara pengendalian sosial
·         Pengendalian sosial secara formal
·         Pengendalian sosial secara informal
F.      Alokasi Waktu
Pertemuan 1 : 2 × 45 menit
G.    Model Pembelajaran
·         Examples non example
| Tatap  muka | Penugasan terstruktur | Kegiatan mandiri tidak    terstruktur | 
| ·              Guru melakukan   ceramah interaktif dan questioning tentang pengertian pengendalian sosial ·              Guru memberi satu   contoh pengendalian sosial | Secara kelompok siswa   melakukan kajian pustaka dan / internet tentang pengertian pengendalian   sosial dan sifat pengendalian sosial dalam kehidupan   masyarakat. Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan / internet tentang   fungsi, jenis, dan cara-cara pengendalian sosial dalam kehidupan   masyarakat. | Membuat   klasifikasi kasus-kasus pengendalian sosial yang terjadi dalam masyarakat. Memberikan pengaruh/ dampak ketika di dalam   masyarakat sudah tidak berlakunya lembaga-lembaga pengendalian sosial. Memberikan fungsi lembaga   pengendalian sosial dalam masyarakat. Membuat cara-cara dalam   pengendalian sosial | 
H.    Kegiatan Pembelajaran:
     Pertemuan Ke 1
| 1 | Kegiatan   Pendahuluan | Alokasi Waktu | 
| -            Apersepsi : Guru memulai pelajaran dengan menanyakan materi sebelumnya   yang telah dipelajari -            Motivasi : Guru menyampaikan pentingnya mempelajari pengertian, sifat,fungsi,   jenis, cara-cara pengendalian sosial -            Rambu-rambu belajar: siswa secara aktif mengkaji materi, guru   mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan sesuai indicator yang ada. -            Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan   uraian kegiatan sesuai silabus | 15’ | |
| 2 | Kegiatan Inti | |
| A.      Eksplorasi -            siswa dengan rasa tanggungjawab mendengarkan penjelasan dari guru   tentang pengertian, sifat, dan fungsi, jenis, dan   cara-cara pengendalian sosial. B.       Elaborasi -            Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, lalu dengan bekerjasama   mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan dua gambar yang   disediakan guru. -            Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat   kesimpulan. C.       Konfrimasi -            Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaitan dengan   materi. -            Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pengalaman   belajar atau kesulitan / kendala dalam pembuatan / penyusunan tugas. | 70’ | |
| 3 | Kegiatan   Penutup | |
| -            Post test : Guru menyiapkan 3 pertanyaan sebagai umpan balik kepada   siswa | 5’ | 
I.       Metode Pembelajaran
·         Ceramah 
·         Diskusi 
J.       Media Pembelajaran
-          Gambar contoh pengendalian sosial
K.    Sumber Bahan
·         Sosiologi 1, KBK, Tim Sosiologi, Yudhistira
- Sosiologi SMA Kelas X,KTS, Idianto Muin, Erlangga
  Mengetahui                                                                              Temanggung,  
           Kepala SMA Negeri 2 Temanggung                                        Guru Mata Pelajaran 
Drs. Suryanto, M.Pd                                                                ………………………
            NIP  132045819                                                                      NIP. ……………………



0 komentar:
Posting Komentar