RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Posted by PoeR_Purwanti Label:

Satuan Pendidikan      : SMA N 2 TEMANGGUNG
Kelas                           : X
Semester                      : 1 (SATU)
Program                       : UMUM
Mata Pelajaran            : SOSIOLOGI
Jumlah Pertemuan       : 1
A.    Standar Kompetensi
·         Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
B.     Kompetensi Dasar
·         Menjelaskan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian.
C.     Indikator
·          Menjelaskan pengertian pengendalian sosial
·         Mendiskripsikan fungsi dari pengendalian sosial
·         Menganalisis jenis-jenis lembaga pengendalian sosial di dalam masyarakat
·         Mendiskrisikan sifat dari pengendalian sosial
·         Menjelaskan cara-cara pengendalian sosial
D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui kegiatan pembelajaran siswa dapat:
·         Menjelaskan pengertian pengendalian sosial
·         Mendiskripsikan sifat dari pengendalian sosial di dalam masyarakat
·         Mendiskripsikan fungsi-fungsi pengendalian sosial
·         Menganalisis jenis-jenis lembaga pengendalian sosial yang ada di dalam masyarakat
·         Menjelaskan cara-cara pengendalian sosial
E.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian pengendalian sosial
Pengendalian sosial adalah pengawasan dari suatu kelompok terhadap kelompok lain yang dimaksudkan untuk mengarahkan peran-peran individu atau kelompok sebagai bagian dari masyarakat agar tercipta situasi kemasyarakatan sesuai dengan yang diharapkan.
Pengertian pengendalain sosial menurut para ahli:
·         Joseph S. Roucek
·         Peter L. Berger
·         Bruce J. Cohen
2.      Sifat pengendalian sosial
·         Preventif adalah semua bentuk pencegahan terhadap terjadinya gangguan-gangguan pada keserasian antara kepastian dengan keadilan.
·         Representif adalah pengendalian sosial yang bertujuan untuk mengembalikan keserasian yang pernah terganggu karena terjadinya suatu pelanggaran.
Proses pengendalian sosial:
·         Persuasif
·         Koersif
3.      Fungsi pengendalian sosial
·         Mempertebal keyakinan masyarakat terhadap norma sosial
·         Memberikan imbalan kepada warga yang menaati norma
·         Mengembangkan rasa malu
·         Mengembangkan rasa takut
·         Menciptakan sistem hukum
4.      Jenis Lembaga Pengendalian Sosial
·         Kepolisian
·         Pengadilan
·         Lembaga adat
·         Tokoh Masyarakat
5.      Cara- cara pengendalian sosial
·         Pengendalian sosial secara formal
·         Pengendalian sosial secara informal

F.      Alokasi Waktu
Pertemuan 1 : 2 × 45 menit

G.    Model Pembelajaran
·         Examples non example



Tatap  muka
Penugasan terstruktur
Kegiatan mandiri tidak terstruktur
·            Guru melakukan ceramah interaktif dan questioning tentang pengertian pengendalian sosial
·            Guru memberi satu contoh pengendalian sosial
Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan / internet tentang pengertian pengendalian sosial dan sifat pengendalian sosial dalam kehidupan masyarakat.

Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan / internet tentang   fungsi, jenis, dan cara-cara pengendalian sosial dalam kehidupan masyarakat.


Membuat klasifikasi kasus-kasus pengendalian sosial yang terjadi dalam masyarakat.

Memberikan pengaruh/ dampak ketika di dalam masyarakat sudah tidak berlakunya lembaga-lembaga pengendalian sosial.

Memberikan fungsi lembaga pengendalian sosial dalam masyarakat.

Membuat cara-cara dalam pengendalian sosial

H.    Kegiatan Pembelajaran:
     Pertemuan Ke 1
1
Kegiatan Pendahuluan
Alokasi Waktu

-          Apersepsi : Guru memulai pelajaran dengan menanyakan materi sebelumnya yang telah dipelajari
-          Motivasi : Guru menyampaikan pentingnya mempelajari pengertian, sifat,fungsi, jenis, cara-cara pengendalian sosial
-          Rambu-rambu belajar: siswa secara aktif mengkaji materi, guru mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan sesuai indicator yang ada.
-          ­Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus


15’
2
Kegiatan Inti


A.    Eksplorasi
-          siswa dengan rasa tanggungjawab mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian, sifat, dan fungsi, jenis, dan cara-cara pengendalian sosial.
B.     Elaborasi
-          Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, lalu dengan bekerjasama mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan dua gambar yang disediakan guru.
-          Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan.
C.     Konfrimasi
-          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaitan dengan materi.
-          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pengalaman belajar atau kesulitan / kendala dalam pembuatan / penyusunan tugas.

70
3
Kegiatan Penutup


-          Post test : Guru menyiapkan 3 pertanyaan sebagai umpan balik kepada siswa

5’

I.       Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Diskusi

J.       Media Pembelajaran
-          Gambar contoh pengendalian sosial

K.    Sumber Bahan
·         Sosiologi 1, KBK, Tim Sosiologi, Yudhistira
  • Sosiologi SMA Kelas X,KTS, Idianto Muin, Erlangga

  Mengetahui                                                                              Temanggung, 
           Kepala SMA Negeri 2 Temanggung                                        Guru Mata Pelajaran



Drs. Suryanto, M.Pd                                                               ………………………
            NIP  132045819                                                                      NIP. ……………………

0 komentar:

Posting Komentar