Nama sekolah : SMA ANGGREK BULAN
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 2
Standar Kompetensi : 2 . Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
Kompetensi Dasar : 2.2. . Mendeskripsikan terjadikanya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.
Indikator :
1. Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.
2. Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
3. Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
4. Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. mendeskripsikan pengertian perilaku menyimpang.
2. mengidentifikasi bentuk-bentuk dan contoh perilaku menyimpang dalam masyarakat.
3. mengidentifikasi terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.
B. Materi Pembelajaran
1. Konformitas
2. Perilaku Menyimpang
3. Hubungan Antara Perilaku Menyimpang dan Sosialisasi yang tidak Sempurna
4. Sifat dan Macam Perilaku Menyimpang
C. Metode Pembelajaran
- informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sosialisasi. b. Memotivasi Guru menjelaskan perilaku menyimpang sebagai akibat dari sosialisasi yang tidak sempurna. | 10 Menit |
2. | Kegiatan Intia. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang konformitas dan perilaku menyimpang. b. Siswa membaca sendiri materi yang sudah dijelaskan oleh guru. c. Siswa mendiskusian faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang dalam masyarakat. Misalnya, prostitusi dan lain sebagainya. d. Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal. e. Siswa mengerjakan tugas secara mandiri tentang uji penguasaan materi dalam buku halaman 120 dan 126. | 60 Menit |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman tentang korfomitas dan perilaku menyimpang. b. Penilaian Guru memberi penilaian hasil diskusi kelompok dan hasil kerja mandiri. c. Penugasan Guru memberi tugas untuk membuat kliping tentang berbagai prilaku menyimpang dalam masyarakat. | 10 Menit |
2. Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, misalnya, absensi, pengumpulan tugas, dan mempersiapkan kelas. Kemudian guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sosialisasi. b. Memotivasi Guru menjelaskan tujuan mempelajari hubungan antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna. | 10 Menit |
2. | Kegiatan Intia. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna dan sifat dan macam prilaku menyimpang. b. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 128. c. Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai. d. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus perilaku menyimpang yang terjadi dalam keluarga yang baik-baik dan taat beragama. e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain menanggapinya. Dalam diskusi ini, guru berperan sebagai moderator atau pemandu diskusi kelas. f. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kepada guru untuk dinilai. g. Guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. | 60 Menit |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang hubungan antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna. b. Penilaian Guru memberi penilaian terhadap tugas secara pribadi dan tugas kelompok. c. Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat poster atau stiker tentang tidak lagi melakukan perilaku menyimpang. | 10 Menit |
3. Pertemuan III.
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok. b. Memotivasi Guru menjelaskan tujuan melakukan ulangan blok. | 5 Menit |
2. | Kegiatan Intia. Siswa mendapatkan lembar soal yang dibagikan oleh guru. b. Siswa mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru. c. Siswa mengumpulkan hasil kerja yang telah diselesaikan untuk dinilai. | 60 Menit |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. b. Penilaian Guru memberi penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa. c. Penugasan Guru memberi tugas untuk mempelajari pengendalian sosial. | 15 Menit |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 118-138
2. Perilaku Menyimpang dalam masyarakat
3. Peraturan perundang-undangan
4. Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
5. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan Konsep
4. Power Point
5. OHP
G. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 120, 126, 128, dan 133. ( Jumlah nilai dari setiap uji penguasaan materi digabung lalu dibagi 4)
2. Unjuk kerja siswa, dalam buku Sosiologi Esis, halaman 133.
Contoh format penilain tugas!
No | Nama Siswa | Kesesuaian materi dengan Tugas | Ide dan tulisan | Kerapian/ penampilan | Jumlah Nilai |
1 | |||||
2 | |||||
dst. |
3. Penilaian diskusi
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup BaikSkor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor :
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil 1—3 =Sangat kurang
4. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 49-52
5. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 136-138
Mengetahui: Semarang, ____________
Kepala Sekolah SMA, Bidang studi,
_________________ ______________________
0 komentar:
Posting Komentar